Tips Menjadi Karyawan yang Kompeten dan Percaya Diri

Salah satu faktor yang jadi penghambat kemajuan seorang karyawan yaitu rendahnya tingkat percaya diri seorang karyawan.

Ketidakpercayaan diri ini bentuknya dapat berupa enggan memimpin rapat, malu bertemu atasan, grogi, atau memilih tugas yang gampang.

Jika Anda mengalami hal tersebut, maka berikut adalah beberapa tips untuk bantu tingkatkan percaya diri Anda.

1. Jalin networking dengan teman di luar perusahaan
Menjalin hubungan baik dengan teman sama profesi di luar perushaan juga penting. Agar hal ini efektif, cara sederhananya yaitu memberi sebelum menerima, jawablah pertanyaan teman-teman Anda, dan terima saran-saran mereka.

2. Identifikasi kelebihan dan kekurangan Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengidentifikasi kekurangan serta kelebihan Anda dari sisi perilaku serta keterampilan. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mendaftar setidaknya 5 kelebihan serta kekurangan Anda.

Dengan mengidentifikasi kekurangan serta kelebihan, Anda akan tau penyebab kurang pede diri Anda.

3. Hilangkan sebuah kelemahan Anda setiap bulannya
Setelah mengetahui penyebab kurangnya rasa percaya diri Anda, selanjutnya adalah Anda harus fokus hilangkan satu kelemahan Anda tiap bulan. Jika 1 kesalahan telah diselesaikan, hilangkan yang lain di bulan berikutnya.

Untuk mengatasi kelemahan keterampilan Anda, Anda bisa meminta atasan untuk menyusun program pelatihan untuk Anda. Cara ini efektif juga agar atasan Anda memahami kebutuhan dan komitmen Anda.

Sementara untuk mengatasi kelemahan perilaku, Anda dapat berkonsultasi dengan psikologis perusahaan. Dengan meminta masukan dari mereka, Anda akan memahami langkah yang tepat guna hilangkan perilaku buruk Anda.

Selain ke psikologi, Anda juga bisa mengubah perilaku Anda sendiri, seperti jangan menunda pekerjaan, lakukan dengan cepat, dan lebih aktif dalam bekerja.

Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, silahkan klik info lowongan kerja Pekanbaru

4. Ikuti kegiatan yang diadakan perusahaan
Jika Anda merasa malu mengikuti kegiatan perusahaan Anda, maka hilangkanlah gengsi itu.

Ikutlah dengan kegiatan perusahaan seperti klub bersepeda, pertemuan tahunan dan lain-lain, serta partisipasi dalam acara outbond yang diadakan.

Dengan aktif mengikuti kegiatan tersebut, maka Anda dapat bersosialisasi dengan karyawan departemen lain lebih baik yang bikin Anda jadi lebih percaya diri.

5. Ikuti aturan perusahaan
Jika rasa percaya diri Anda turun karena sering melanggar peraturan, maka cara yang mudah menaikkan rasa percaya diri yaitu menaati peraturan.

Jangan membentengi diri dengan alasan tertentu karena peraturan perusahaan pada umumnya telah disepakati antara manajemen dan karyawan.

Dengan begitu, Anda akan jadi terbiasa serta lebih pede. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak percaya di tempat kerja, bukan?

Sumber: www.tunakarya.com