3 Cara Herbal Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Info kesehatan yang akan dibahas kali ini berupa cara herbal mengobati batuk berdahak pada anak. Banyak orangtua yang memberikan obat warung atau memeriksakan anaknya ke dokter saat terkena batuk. Sebenarnya ada cara mengobati batuk berdahak pada anak secara herbal yang lebih mudah dilakukan dan terbukti efektif dalam meredakan batuk.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengatasi batuk berdahak hampir tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih aman, mudah, dan cepat dalam mengobati batuk berdahak pada anak Anda. Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh orang-orang di sekitar kita, khususnya anak-anak. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab batuk, bisa dikarenakan suatu hal atau memang bagian dari gejala suatu penyakit kronis yang dialami seseorang.

Sebaiknya para orangtua lebih waspada ketika anak mengalami batuk berkepanjangan, baik berupa batuk kering maupun berdahak. Karena bisa jadi batuk tersebut adalah gejala penyakit berbahaya yang perlu dideteksi lebih dini agar penanganan yang tepat bisa segera dilakukan.

Ada berbagai macam cara mengobati batuk berdahak pada anak salah satunya ialah menggunakan obat-obatan herbal atau cara alami. Berikut kami sampaikan tips-tipsnya kepada Anda.

  1. Berikan Air Putih Hangat

Cara pertama ini adalah yang paling mudah. Ketika anak Anda terlihat mengalami batuk berdahak, sebaiknya segera berikan air putih hangat untuk meredakannya. Air putih hangat juga akan membantu dahak lebih mudah dikeluarkan sehingga batuk dapat cepat reda.

  1. Ramuan Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh merupakan buah berukuran kecil berbentuk bulat lonjong menyerupai belimbing. Warnanya hijau dan rasanya agak masam. Buah ini cukup manjur sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak.

Caranya ialah dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama sejumlah butir adas, sedikit gula, serta segelas air. Rebus ramuan tersebut dan saring airnya untuk diminumkan kepada anak ketika dingin.

  1. Daun Kemangi

Daun yang mempunyai wangi yang khas ini juga memiliki khasiat untuk mengobati batuk berdahak. Rebus 2-3 daun kemangi dengan 2 gelas air putih. Berikan pada anak ramuan tersebut saat masih hangat supaya tenggorokannya lebih lega dan batuk berdahak dapat reda.

Itulah ketiga cara mengobati batuk berdahak pada anak secara herbal yang dapat para orangtua terapkan sendiri di rumah. Semoga anak lekas sembuh dari batuknya dan dapat beraktivitas dengan ceria.