Betulkan Sering Mencopot Kacamata Minus Bikin Minus Makin Parah?

Mata minus atau rabun jauh atau yang biasa disebut dengan miopia dalam dunia medis merupakan suatu kondisi atau keadaan mata dimana mata tidak dapat mampu dalam melihat suatu objek secara nampak jelas dalam  jarak yang jauh namun akan tetap dapat  melihat secara normal atau dalam jarak yang dekat. Maka dari itu bagi penderita gangguan ini harus menggunakan frame kacamata minus untuk membantu dalam melihat suatu obyek.

Minus biasanya akan bertambah dikarenakan adanya faktor usia, terlebih pada anak-anak yang memang kondisi minus matanya akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Jadi menurut para dokter mata bahwa melepas kacamata minus akan memperparah minus Anda adalah mitos. Mungkin banyak orang yang melihat anak-anak dengan kacamata minus kemudian minusnya bertambah,hal ini sebetulnya bukan karena anak tersebut sering melepas kacamataya melaikan memang kodisi anak-anak mudah untuk bertambah minusnya. Namu sebaliknya pada orang dewasa minus mata memang jauh lebih stabil terlepas dari seberapa sering ia melepas kacamata minusnya. Namun pada anak-anak minus tentu saja dapat terus bertambah karena mata pun masih tumbuh seperti yang  dikatakan oleh dr Gitalisa Andayani.

dr Gitalisa pun mengatakan apabila kondisi mata yang tidak stabil pada anak-anak ini tentunya  berlaku untuk semua, tidak hanya terjadi pada kondisi anak yang minus saja.”Anak-anak kan masih pada masa pertumbuhan, jadi minusnya pun akan sering bertambah.Proses penglihatan itu kan sama dengan pada saat proses belajar yang terjadi pada anak-anak. Jika pada orang yang sudah dewasa yakni pada usia 18-40 tahun, ukuran rabunnya lebih stabil,” papar dr Gitalisa. Jadi dapat disimpukan melepas kacamata minus tidak akan membuat mata bertambah minus.