Cara Menanam Bunga Anggrek Sebagai Hiasan Rumah

Jenis-jenis tanaman anggrek ada dua yaitu epifit dan terestrial. Jenis epifit yaitu jenis bunga anggrek yang hidup menempel apda tumbuhan berkayu atau substrat lain namun tidak mengganggu inangnya. Ia hanya menempel saja, dengan kata lain hanya menumpang. Sedangkan jenis terestrial yaitu jenis bunga anggrek yang hidup di media tanah atau dengan menanamya. Jenis terestrial tidak hidup menempel pada substrat. Bunga anggrek ini memiliki bentuk yang unik serta warna yang menarik sehingga banyak para pecinta tanaman hias membudidayakannya. Bunga anggrek tersebar hampir di seluruh Indonesia. Tercatat hampir 300 lebih species bunga anggrek yang tumbuh di tanah air dan menjadi wilayah dengan species anggrek terbanyak di dunia.

Seperti yang diketahui bahwa jenis bunga anggrek ada dua macam yaitu epifit dan terestrial. Berikut ini cara menanam anggrek sesuai jenisnya yang baik agar tumbuh dengan maksimal.

1. Jenis epifit
Menanam anggrek dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran agar tumbuh dengan maksimal. Jenis epifit ditanam dengan menempelkannya pada pohon dengan bantuan tali rafia untuk mengikatnya dan juga sabut kelapa. Akar anggrek ditutupi dengan sabut kelapa lalu tempelkan pada substrat. Ikat dengan tali rafia atau jenis lainnya. Siram dua kali sehari pagi dan sore. 1 bulan kemudian akar akan menempel pada substrat dan ikatan dapa dilepas.
2. Jenis terestrial
Media tanam anggrek yaitu bisa dengan arang kayu, sabut kelapa atau lainnya. Tanaman ditanam dalam pot gantung. Tancap kayu penyangga agar batang anggrek tetap tegak. Tanam anggrek akarnya saja, batang jangan sampai ikut tertanam. Ikat batang anggrek dengan kayu penyangga. Rawat anggrek dengan menyiramnya dua kali sehari pagi dan sore. Jangan lupa taruh di tempat yang teduh agar tidak mudah layu.

Demikian tadi cara menanam bunga anggrek sesuai dengan jenisnya. Menanam anggrek butuh ketelatenan dan kesabaran agar bunga anggrek tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan bunga yang indah dan menawan. Letakkan pada suhu 14-300 C agar tanaman dapat berbunga sesuai dengan keinginan. Selamat berkreasi.