Lemak Trans dan Cara Mengurangi Asupannya

Sebagian besar lemak trans terbentuk melalui proses dari hidrogen ke minyak nabati, yang menyebabkan minyak menjadi padat pada suhu kamar.

Minyak terhidrogenasi parsial cenderung tidak rusak sehingga makanan yang dibuat dengannya memiliki umur simpan yang lebih lama. Selain itu, beberapa produk daging dan susu juga mengandung sejumlah kecil lemak trans alami.

lemak trans

Bentuk lemak trans yang diproduksi ditemukan dalam berbagai produk makanan, termasuk makanan panggang, makanan ringan, makanan gorengan, adonan, dan creamer dan margarin non-susu.

Lemak trans, terutama varietas yang diproduksi, tampaknya tidak memiliki manfaat kesehatan yang diketahui. Tapi, sebaliknya, mereka sangat merugikan kesehatan kita. Pakar menganjurkan agar hanya mengasup asupan lemak ini serendah mungkin.

Efek berbahaya dari lemak trans

  • Secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke;
  • Menyebabkan resistensi insulin dan menyebabkan diabetes tipe II, namun hasil dari penelitian masih beragam;
  • Memiliki efek tidak sehat pada kadar kolesterol kita – meningkatkan LDL dan menurunkan kolesterol HDL;
  • Meningkatkan peradangan, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas;
  • Dapat merusak lapisan dalam pembuluh darah kita, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai disfungsi endotel;
  • Meningkatkan risiko kanker namun pengaruhnya terhadap risiko kanker kurang jelas.

Cara mengurangi asupannya:

Makan daging tanpa lemak – Kurangi asupan lemak trans dengan mengurangi asupan daging berlemak seperti daging sapi dan babi dan menggantinya dengan daging tanpa lemak seperti unggas, makanan laut, dan daging sapi tanpa lemak. Manfaat tambahan dari makanan laut adalah tingginya lemak sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Susu rendah lemak – Kita bisa melakukan ini dengan mengganti susu rendah lemak atau bebas lemak. Jika kita melakukan ini secara bertahap, maka tubuh anda akan mendapatkan manfaat yang baik

Hindari junk food – Sebagian besar junk food sarat dengan lemak trans. Jika Anda memiliki kebiasaan makan makanan ini secara teratur, Anda perlu mengurangi asupan secara drastis.

Panggang – Makanan yang dipanggang akan menghasilkan hidangan yang lebih rendah lemak dan kalori dibanding metode memasak lainnya seperti menggoreng. Memanggang juga merupakan pilihan yang lebih baik, meski lebih memakan waktu.

Makan makanan buatan sendiri – Makanan buatan sendiri hampir selalu lebih sehat daripada yang bisa kita dapatkan di restoran karena kita dapat mengendalikan bahan-bahannya, mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan minyak nabati terutama canola atau minyak zaitun. Jadi makanan buatan sendiri jauh lebih sehat untuk dikonsumsi

Kesimpulan

Tidak ada kadar aman dari lemak ini untuk dikonsumsi setiap hari, jadi cobalah untuk menghindarinya sama sekali. Bahkan jika ada makanan yang diiklankan sebagai “trans fat free,” tetap masih bisa mengandung sejumlah kecil lemak trans.

Batasi asupan makanan yang digorengdan makanan panggang yang dibuat dengan minyak nabati yang mendidih atau sebagian terhidrogenasi seperti halnya donat, biskuit, kerupuk, muffin, kue dan kue karena mengandung banyak lemak trans.

Referensi :

  1. Wikipedia – Wikipedia.org
  2. Kompas – Kompas.com
  3. Artikelkesehatan99 – Artikelkesehatan99.com