Mengenal Parameter Pasien Monitor Di Rumah Sakit

Salah satu alat medis yang cukup penting di Rumah Sakit yaitu pasien monitor. Pasien monitor adalah perangkat elektromedik yang berfungsi untuk monitoring kesehatan pasien secara realtime dengan beberapa parameter yang tampak pada layar monitor. Lalu paramter apa sajakah yang ada di dalam alat ini ? Kita akan simak penjelasannya pada kesempatan ini.

parameter pasien monitor

Mengenal beberapa jenis parameter pasien monitor di Rumah Sakit atau klinik. Pemantauan kesehatan secara real time sekarang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan sebuah perangkat yang dikenal dengan istilah pasien monitor. Berikut beberapa parameter yang ada di pasien monitor.

1. ECG/EKG (Elektrokardiografi)

Parameter pasien monitor pertama yang biasanya digunakan adalah pemantauan grafik EKG. Grafik ini merupakan gambaran umum tentang aritma jantung. Pada orang yang normal, grafik yang dihasilkan akan terliht khas sehingga apabil ada permasalahan dalam aritma jantung. Grafik pada layar akan terlihat tidak stabil atau tidak sesuai karakteristik normalnya.

2. Tekanan Darah

Semua orang mengetahui bahwa tekanan darah merupakan parameter kesehatan yang cukup diperhitungkan. Oleh sebeb itu, pemantauan tekanan darah (blood presure) juga ada pada monitor ini.

3. Oxymeter (saturasi oksigen)

Kadar oksigen dalam darah memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Kurangnya kadar oksigen dalam tubuh, bisa membuat kondisi kesehatan menurun. Oleh karena itu, parameter ini juga terdapat pada pasien monitor.

Masih ada lagi banyak parameter pasien monitor lainnya yang belum saya jelaskan di sini seperti detak jantung (heart rate) dan ada beberapa lagi. Parameter ini dapat secara reltime diamati dan akan ada alaram apabila salah satu parameter menempati posisi yang tidak normal dari kadar normalnya. Sehingga perawat atau dokter dapat langsung mengecek kondisi pasien.

Untuk mendapatkan pasien monitor, anda bisa kunjungi beberapa distributor alat medis yang jual patient monitor dengan berbagai macam merk dan spesifikasi. Untuk harga kisaran alat ini antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah tergantung dari merk dan spesifikasinya. Sekian, semoga bermanfaat.