Yuk Berkenalan Dengan Alat Sterilisasi di Rumah Sakit

Alat sterilisasi di Rumah Sakit merupakan satu benda atau alat yang wajib ada. Mengapa demikian ? Karena rumah sakit adalah tempatnya orang sakit, dan kita tahu sakit bisa disebabkan karena banyak faktor diantaranya adalah akibat infeksi virus dan bakteri.

alat sterilisasi di rumah sakit

Apabila di satu pasien telah menggunakan alat kemudian digunakan lagi oleh pasien yang lain tanpa dilakukan sterilisasi ? apa yang akan terjadi ? Tidak hanya itu, alat kesehatan yang tidak disterilisasi juga bisa menularkan penyakit pada orang lain yang sehat sepert paramedis dan yang lainnya. Oleh karena itu ketersediaan alat sterilisasi di rumah sakit sangatlah pentng.

Pada kesempatan ini tidak ada salahnya kita akan mengenal ada 3 macam alat sterilisasi di rumah sakit. Apa saja itu ? Yuk kita bahas satu persatu.

1. Autoclave

Satu jeis alat sterilisasi yang digunakan di Rumah Sakit dan Klinik yaitu Autoclave. Alat sterilisasi ini berbentuk seperti panci dengan bertekanan dengan tutup yang dilengkapi katup pngatur tekanan. Di dalamnya terdapat wadah untuk meletakan alat – alat medis dan terdapat elemen pemanas yang berfungsi untuk memanaskan air. Alat ini bekerja dengan menghasilkan uap panas yang akan membasi bakteri atau virus hingga ke sporanya.

2. Sterilisator Keiring

Sedikit berbeda dengan Autoclave, sterilisator kering tidak lagi menggunakan uap air yang panas. Namun prinsip kerjanya yaitu menggunakan radiasi sinar infra merah dengan temperatur tinggi. Alat ini berbentuk seperti oven dengan dua atau satu pintu. Namun alat ini tidak cocok untuk mensterilisasi alat – alat medis dengan bahan karet atau plastik.

3. Lampu UV

Alat sterilisasi di rumah sakit yang berikutnya adalah sebuah lampu ultraviolet. Berbeda dari dua jenis alat sterilisasi yang sudah kita bahas diatas. Alat ini berfungsi untuk mensterilisasi ruangan. Diantara ruangan yang perlu disterilkan yaitu ruang operasi atau ruang unit pasien bayi baru lahir (neonatal).

Nah itulah beberapa macam alat sterilisasi di rumah sakit yang harus digunakan untuk prosedur sterilisasi. Oleh sebab itu, hendaknya rumah sakit menyediakan alat – alat tersebut. Informasi untuk anda yang membutuhkan alat – alat sterilisasi anda bisa kunjungi www.jualautoclave.com. Distributor autoclave dan alat sterilisasi online di Indonesia dengan harga terjangkau.