Mengenali Diare pada Anak dan Pencegahannya

Diare merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Diare ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri, parasit, virus, dan faktor lainnya seperti makanan yang tidak cocok untuk tubuh. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan terjadinya sesuatu pada usus sehingga dapat membuat penderita tidak nyaman. Diare pada anak umumnya lebih sering terjadi. Ciri-ciri terjadinya diare adalah dengan frekuensi buang air besar yang cukup banyak sekitar lebih dari 3x dalam sehari dan mempunyai konsistensi feses yang cukup cair. Diare dapat disertai dengan demam ataupun tidak, dan dengan berdarah atau tidak.

Pengobatan Diare Pada Anak Dengan Menggantikan Cairan Tubuh Dengan Oralit

cara mengobati penyakit diare pada anak

Biasanya pengobatan umum untuk diare adalah dengan menggunakan larutan ORS atau sering disebut dengan oralit baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Oralit ini dapat dibuat dengan menggunakan 4:1 gula dan garam yang dilarutkan dengan segelas air putih hangat. Diare pada anak biasanya dapat disembuhkan dengan menggunakan oralit ini. Dikarenakan diare ini mengeluarkan banyak sekali cairan sehingga memungkinkan untuk terjadinya dehidrasi, oralit ini mengandung kalsium dan ion yang dapat membantu menangani dehidrasi tersebut. Tetapi jika terdapat demam atau BAB dengan feses disertai darah biasanya disebabkan karena adanya bakteri atau parasit dalam usus sehingga diperlukan adanya antibiotik untuk membunuh bakteri tersebut.

Untuk diare pada anak ini dapat terjadi akibat dari konsumsi makanan yang kurang tepat. Misalnya saja memakan makanan yang sangat pedas sehingga menimbulkan efek yang berlebihan pada saluran pencernaan. Atau bisa karena bakteri yang masuk kedalam saluran pencernaan dari tangan yang belum bersih. Seperti yang diketahui anak biasanya sering memakan langsung makanan yang ada di depannya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat bakteri yang ada pada tangan masuk dengan mudah kedalam saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Oleh sebab itu lebih baik anak diajarkan untuk cuci tangan sebelum memakan sesuatu. Mencuci tangan hanya dengan air saja tidak akan cukup untuk membuat kuman atau bakteri dalam tangan menghilang, sehingga dibutuhkan suatu sabun yang cukup efektif.

Salah satu sabun yang efektif dalam melawan bakteri yang ada pada tangan adalah sabun Lifebuoy dimana sabun ini mempunyai kandungan yang dapat melawan kuman penyebab sakit yang biasanya terdapat pada tangan. Selain dapat mencegah kuman dan bakteri pada tangan, Lifebuoy ini juga dapat membersihkan kulit dengan menggunakan sabun mandi yang dapat membasmi bakteri-bakteri. Dengan menggunakan sabun ini maka diare pada anak dapat dicegah sehingga anak akan bebas dari sakit dan anak bisa bebas bermain dengan teman-temannya. Lebih baik biasakan anak untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dengan cara yang baik dan benar untuk dapat mencegah adanya kuman atau bakteri yang masih menempel pada tangan anak dan termakan oleh anak.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1192856/sigap-menghadapi-diare-pada-anak