Bagaimana Perawatan Bayi Baru Lahir?

Merawat bayi adalah pekerjaan penting selanjutnya setelah sang ibu mengandung 9 bulan lamanya. Perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar menjadi sebuah pertanyaan bagi seorang ibu apa dan bagaimana yang harus dilakukan.

Terkadang sulit bagi orang yang baru saja menjadi orang tua untuk merawat bayi yang baru lahir. Artikel kali ini akan berbagi tips hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bayi baru lahir.

cara melakukan perawatan bayi baru lahir

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bayi baru lahir:

  • Bayi mudah mengalami gangguan napas

Pastikan jalan nafas bayi selalu lancar dan tidak tersumbat. Jangan memberikan makanan atau minuman yang menyebabkan bayi dapat tersedak, sehingga mengalami gangguan pernafasan. Perhatikan juga cara menyusui bayi yang benar, pastikan payudara sang ibu tidak menutupi hidung sang buah hati.

  • Bayi mudah terkena flu

Jika bayi Anda mengalami flu, segera periksakan ke dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Namun, sang ibu juga bisa membantu mengeluarkan lendir flu dengan cara menyedot lendir flu dengan lembut atau perlahan.

  • Ketahui kebutuhan minum susu bayi

Kekurangan minum akan dapat mengakibatkan berat bayi turun, sebaliknya kelebihan minum dapat mengakibatkan bayi muntah hingga akhirnya tersedak. Pastikan bayi Anda mendapatkan kebutuhan minum sengan porsi yang tepat. Tanyakan kepada bidan atau dokter yang membantu proses persalinan, seberapa banyak jumlah asi/susu yang perlu diberikan tiap kali minum dan tiap berapa jam bayi perlu diminumkan. Sebab pemberian jumlah minum dan frekuesi minum pada tiap bayi berbeda karena bergantung pada berat badan bayi (sesuai kebutuhan).

  • Jangan langsung membaringkan bayi setelah disusui

Hal ini bertujuan membuat bayi segera bersendawa yang menandakan bahwa susu benar masuk ke saluran pencernaan. Sebab jika tidak, bayi akan mudah muntah dan akan masuk ke saluran pernafasan.

  • Sebaiknya bayi tetap mengkonsumsi ASI secara ekslusif

Sebaiknya ASI diberikan bayi secara ekslusif selama 6 bulan. Pemberian makanan tambahan dapat cenderung membuat pencernaan bayi terganggu. Penggunaan susu formula sebagai pengganti ASI dilakukan jika ASI sama sekali benar-benar tidak bisa diberikan.

  • Jaga kehangatan bayi

Bayi yang baru lahir memiliki suhu tubuh di bawah normal. Hal ini dikarenakan jaringan lemak yang terdapat pada kulit bayi jumlahnya lebih sedikit dari orang dewasa. Oleh karena jagalah bayi agar tetap hangat.

  • Jaga bayi dari kondisi demam

Demam sering terjadi pada bayi. Sang ibu harus menjaga agar demam tidak berkelanjutan menjadi kejang.

  • Jaga bayi dari kejang

Jika bayi memiliki riwayat kejang demam, mintalah arahan dari dokter apakah anda (Ibu bayi) perlu menyiapkan obat-obat deman dan obat kejang dirumah untuk berjaga-jaga. Karena jika kejang tidak segera diatasi, maka akan berpengaruh terhadap kerja otak bayi.

  • Pastikan bayi mendapatkan vaksisn sesuai jadwal

Saat bayi lahir, pastikan bayi sudah diberi vaksin. Dan pastikan bayi Anda mendapatkan vaksin sesuai jadwal yang tepat.

  • Rawat tali pusat

Rawatlah kebersihan tali pusat. Jangan membubuhkan bedak di atas tali pusat. Hal ini akan menyebabkan infeksi. Biarkan tali pusat mengering dan terjatuh dengan sendirinya.

  • Cuci tangan sebelum menyentuh bayi

Ada baiknya Anda mencuci tangan sebelum menyentuh bayi. Hal ini mencegah perpindahan bakteri yang terdapat pada tangan Anda ke bayi. Hal ini juga mencegah terjadinya infeksi pada bayi.

  • Gunakan pakaian dan alat-alat bayi yang bersih

Menjaga kebersihan pakaian dan alat keperluan bayi menjadi sangat penting diperhatikan. Segera mengganti pakaian yang bersih ketika bayi Anda mengompol. Cucilah pakaian bayi hingga bersih sesering mungkin, dan untuk alat-alat bayi sebisa mungkin juga dicuci bersih bahkan direndam air panas.

  • Pantaulah pertumbuhan dan perkembangan bayi

Pantau pertumbuhan dan perkembangan bayi secara rutin, seperti menimbang berat badan bayi. Karena pertumbuhan berat bayi akan bertambah dari hari ke hari. Jika berat badan bayi berkurang, Anda harus memikirkan penyebabnya dan konsultasikan dengan dokter.

Itulah tips yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan bayi baru lahir. Jaga selalu kesehatan buah hsti Anda dengan Zwitsal.

referensi artikel bagaimana cara melakukan perawata baru yang baru lahir https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/tips-melakukan-perawatan-bayi-baru-lahir-yang-baik-dan-benar