Memilih Baja Ringan Sebagai Rangka Atap Rumah Anda? Jangan Khawatir, Ini Keunggulan dan Kelebihannya

Baja ringan memang sekarang ini lebih banyak digunakan untuk menggantikan bahan bangunan lainnya seperti kayu atau baja konvensional untuk angka atap. Biasanya, rangka atap yang dibuat dari baja ringan memiliki sifat yang kokoh dan juga kuat sebagai struktur sebuah bangunan. Baja yang dijual di pasaran saat ini memiliki mutu yang sangat tinggi dengan gaya tarik baja ringan yang di atas 550 MPA. Tetapi dengan semakin berkembangnya zaman, membuat baja ini dijual dalam berbagai jenis dan gaya tariknya itu berkisar dari 650 MPA sampai 920 MPA. Baja ini selalu diproduk dengan profil C, meskipun terdapat banyak profil lain seperti L dan juga kotak/hollow. Sedangkan profil yang terdapat pada baja akan sangat membantu dalam meningkatkan gaya tekan. Jasa atap baja ringan saat ini tersedia untuk anda yang berada di seluruh wilayah Jabodetabek.

Keunggulan baja ringan salah satunya yaitu memiliki kekuatan yang baik namun beratnya tetap ringan. Dengan itulah yang membuat baja ini memiliki sifat yang sangat memudahkan proses transportasi dan juga kontruksi pembangunan rangka atap rumah. Baja ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi tiap satuan beratnya sehingga baja ringan berpotensi memiliki beban mati yang cukup kecil. Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan struktur atap yang membentang cukup besar, menggunakan baja ringan merupakan salah satu solusinya.

Kemudian sifatnya yang berikutnya yaitu memiliki sifat liat dan juga daktilitas yang baik. Sekedar informasi, sifat liat itu merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh sebuah material untuk melakukan penyerapan energi dalam jumlah yang cukup besa. Selain itu juga, baja ringan mampu untuk menahan beban deformasi yang besar tanpa harus menyebabkan keruntuhan di beban tariknya. Kemampuan baja untuk menahan beban deformasi dengan baik dilakukan mulai dari proses fabrikasi, transpotasi hingga konstruksi yang sama sekali tidak menyebabkan baja mengalami kehancuran.

Hal sebaliknya justru dialami material seperti baja konvensional atau kayu, yang memiliki sifat keras dan yang getas yang baik, tetapi akan langsung hancu ketika diberikan beban kejut secara mendadak. Maka dari itu, ketika rangka atap rumah Anda menggunakan baja ringan, maka keuntungan yang akan didapat yaitu memiliki sifat kelenturan, tahan terhadap beban kejut dan geser sehingga membuat strukturnya menjadi lebih fleksibel.

Kekurangan dai baja ringan salah satunya yaitu atap rumah yang menggunakan baja ringan sebagai rangkanya maka akan tampak kurang indah pada saat dipandang terutama saat dilakukannya ekspos secara lebih dekat terhadap struktur atap. Maka dari itu, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan baja ringan, maka harus ditutup dengan plafon, hal tersebut bertujuan untuk menambah nilai estetika dalam ruangan.