Manfaat Bermain di Alam Bebas Bagi Tumbuh Kembang Anak

Anak-anak zaman milenial, banyak yang memilih untuk bermain gadget dibandingkan bermain di alam bebas. Mereka lebih suka di rumah dan duduk seharian di depan gagdet atau tv. Padahal ini tidak baik untuk tumbuh kembangnya. Anak-anak lebih mudah terkena obesitas. Tetapi sayangnya banyak orang tua yang lebih suka anaknya berada di dalam rumah. Karena mereka takut,anak terkena penyakit atau hal berbahaya lainnya. Tahukan anda bahwa bermain di alam bebas sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini bermain di alam bebas bagi anak-anak.

Pola Tidur Anak Semakin Baik

Ketika bermain di alam bebas, anak-anak akan mendapatkan paparan sinar matahari. Sinar matahari akan membuat tubuh tetap segar karena metabolisme berjalan dengan baik. Pada saat metabolisme tubuh baik, kualitas tidur pun meningkat. Anak-anak bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Tubuh pun lebih segar dan pertumbuhan semakin baik. Bila anak anda mengalami masalah kurang tidur, lebih baik untuk mengajaknya bermain di alam bebas. Terapy ini akan membuat anak anda lebih sehat dan tidur semakin baik.

Energi Semakin Meningkat

Di tubuh yang sehat, akan membuat tumbuh kembang anak semakin baik. Semua nutrisi akan mudah diserap, bila tubuh anak sehat. Dengan membiarkan anak bermain di alam bebas, bisa membuat energinya semakin meningkat. Dia merasa lebih bahagia, semangat dan berenergi. Tidak merasa lemas dan malas melakukan berbagai hal.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah. Seperti berlari, melompat, memanjat dan masih banyak lainnya. Aktivitas ini akan membuat otot fleksibel, tulang semakin kuat dan tubuh semakin bugar. Anak yang sering bermain di luar rumah lebih sehat dibandingkan anak yang bermain di luar rumah. Menurut WHO, anak-anak yang berusia 5 sampai 7 tahun, dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik kurang lebih selama 1 jam setiap harinya.

Melatih Konsentrasi

Dengan bermain di alam bebas, akan membuat konsentrasi anak semakin meningkat. Kreativitas anak pun semakin bagus. Anak bisa memecahkan masalah. belajar, kerjasama dan displin yang baik. Ini berbeda dengan anak yang berada di perkotaan atau dalam rumah, karena akan membuat dirinya harus berkonsentrasi dengan cepat, anak yang sering bermain di luar rumah, memiliki tingkat konsetrasi yang bagus.

Kepercayaan Diri Meningkat

Pada saat bermain di alam bebas, anak-anak dihadapkan dengan berbagai tantangan dan situasi. Sehingga anak-anak bisa mengambil resiko yang dihadapinya. Misalnya anak bermain di air, tetapi setelah dibiasakan anak-anak lebih percaya diri untuk bermain di air. Anak bisa mengenali berbagai resiko yang dihadapi.

Sekarang anda tahu manfaat bermain di alam bebas bagi tumbuh kembang anak. Mulai sekarang jangan larang anak-anak bermain di luar rumah.